Apa Itu Aplikasi Edukasi

86 View

Apa Itu Aplikasi Edukasi – , SURABAYA— Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (Abmas) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengembangkan program permainan edukatif bernama Can’t Touch untuk anak-anak guna mencegah penularan Covid-19.

Salah satu anggota tim Laboratorium Simulasi Sistem Tenaga Abmas (PSSL) ITS, Fachry Azca Haidar Fayumi menjelaskan, program Can’t Touch ini ditujukan untuk siswa Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD).

Apa Itu Aplikasi Edukasi

Program ini dimaksudkan sebagai sarana pembelajaran interaktif tentang bahaya virus Covid-19. “Selain itu, ada juga cara menghindari infeksi dan cara menjaga kesehatan diri, protokol baru untuk hidup normal dan sehat,” jelasnya dikutip dari siaran pers ITS, Senin (29/11/2021).

Review Aplikasi Pendidikan Terbaik 2023

Selama pengembangan program Can’t Touch, tim Abmas bekerja sama dengan perusahaan teknologi TicTech Studio. Setelah sekitar tiga bulan pengembangan, game ini akhirnya tersedia di Google Play Store dan dapat diakses secara umum.

Fachry mengatakan bahwa permainan ini tidak memiliki batasan skor, namun waktu tantangan semakin cepat seiring dengan bertambahnya skor sehingga membuat permainan semakin sulit. Mini-game saat ini juga ditampilkan berulang kali untuk menciptakan efek replay.

Tim pengembang dr. Tn. Ni Ketut Aryani, MT memilih SDN Medokan Ayu 2 Surabaya sebagai sasaran sosialisasi. Fachry mengatakan, pemilihan tersebut didasarkan pada lokasi yang dekat dengan kampus, belum ada program tersebut di sekolah, dan kegiatan guru dilakukan secara luring di sekolah.

Kegiatan presentasi yang diikuti oleh sekitar 150 peserta ini digelar secara daring pada Sabtu (11/9/2021). Tim beranggotakan lima belas mahasiswa ini berharap dapat mengembangkan lebih lanjut program ini agar lebih menarik dan menjangkau lebih banyak anak. Menenangkan anak-anak bermasalah selama jam kerja adalah alat yang sangat ampuh bagi sebagian orang tua. Tetapi membiarkan mereka bermain tanpa pengawasan juga berbahaya bagi kesehatan mata dan perkembangan mental. Seseorang mungkin secara tidak sengaja membuka konten yang tidak boleh dilihat.

Inilah Aplikasi Edukasi Terpopuler Di Dunia, Kamu Pakai Yang Mana?

Lebih ramah anak. Salah satu caranya adalah dengan menonaktifkan program yang dianggap berbahaya. Selain itu, orang tua harus menginstal program pendidikan. Di bawah ini adalah beberapa contoh aplikasi gratis dari Google Play yang berguna untuk anak-anak.

Ada banyak aplikasi mewarnai yang tersedia di Google Play, tetapi aplikasi ini sangat cocok untuk si kecil. Terdiri dari 220 halaman mewarnai yang disusun dalam sebelas tema menarik, beragam warna menarik dan navigasi yang mudah agar si kecil tidak bosan dengan kegiatan mewarnai.

Program ini khusus ditujukan untuk anak-anak berusia antara 6 hingga 12 tahun. Berbagai permainan dan soal latihan ditawarkan. Menariknya, para orang tua dapat memantau perkembangan belajar anaknya berdasarkan soal-soal yang mereka kerjakan sambil memantau penggunaan smartphone mereka. Setiap program yang digunakan akan terekam beserta waktu pemakaiannya.

See also  Apakah Aplikasi Wa Bisa 2 Nomor

RIRI menawarkan berbagai jenis cerita rakyat, fabel bahkan cerita moral yang penting bagi pendidikan anak. Ada animasi karakter yang muncul di dalamnya. Suara dan musik yang diperkenalkan juga akan membuat suasana membaca Anda semakin menyenangkan.

Aplikasi Belajar Terbaik Berbasis Game Menarik Bagi Siswa, Penyemangat Belajar Dari Rumah !!

Program ini membantu anak-anak untuk lebih mengenal budaya Indonesia. Anak-anak akan dikenalkan dengan rumah adat, pakaian, tarian, alat musik dan senjata tradisional dari berbagai daerah nusantara. Cinta tanah air harus ditanamkan sejak dini, bukan?

Minimnya lagu anak di televisi membuat anak cenderung hafal lirik lagu dewasa. Padahal ada berbagai jenis lagu anak yang menarik bagi mereka. Nah, program ini akan menghilangkan kekhawatiran Anda tentang masalah ini. Ada banyak video lagu anak-anak yang tersedia dengan lirik sehingga mereka bisa bernyanyi bersama dengan gembira.

Bukan hanya lagu anak-anak, tetapi lagu-lagu dari seluruh nusantara sangat bagus untuk dinyanyikan. Aplikasi ini menawarkan 70 lagu yang akan menambah kecintaan Anda pada Indonesia.

Jujur saja, berapa banyak lagu must-have yang sudah kamu hafal? Jika jawabannya tidak banyak, maka Anda perlu menginstal program ini juga. Jadi bisa menemani si kecil sambil menyanyikan lagu kebangsaan.

Aplikasi Pedulilindungi Aman! Pasang Pedulilindungi Agar Mudah Beraktivitas

Mempelajari peribahasa juga bisa menjadi permainan yang menyenangkan untuk anak-anak. Anda bisa mengikuti si kecil dan bermain menebak arti sebuah peribahasa.

Aplikasi ini dapat melatih anak mengenal nada. Berbagai alat musik ditawarkan. Anak kecil dapat bermain dengan catatan yang mereka buat. Menyenangkan bukan?

Sulit untuk menghentikan kebiasaan anak-anak bermain dengan gadget mereka. Tapi Anda bisa mengubah kebiasaan judi mereka ke arah yang lebih positif dengan program pendidikan ini.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis menjadi tanggung jawab penulis Bandung, UPI – Tim Kreativitas Mahasiswa – Penelitian Masyarakat Humaniora (PKM-RSH) Universitas Pendidikan Indonesia mengembangkan program edukasi vaksin berbasis kearifan lokal bagi masyarakat Sumatera Barat yang disebut Randai. Tim diketuai oleh Rizqi Abdul Azis (Komunikasi 2018) dengan anggota Renanda Dwina Putri (Komunikasi 2018), Ernawati (Sosiologi 2018), Sania Majida (Komunikasi 2018) dan Ghifary Azmiy Waliy (Komunikasi 2018) dari Perguruan Tinggi (Dirjenkti) – dan Kementerian Kebudayaan RI untuk menciptakan inovasi ini.

Intip Can’t Touch, Aplikasi Edukasi Prokes Karya Mahasiswa Its

: Keterampilan komunikasi antar budaya dokter untuk menghadapi penolakan vaksin di Sumbar” mengungkapkan bahwa masih banyak penolakan vaksin di Sumbar. Sebagian besar penyangkal vaksin mengungkapkan ketidakpercayaan terhadap vaksin karena pemberitaan yang bias di media sosial. Oleh karena itu, dalam upaya mengatasi masalah tersebut, Rizqi dan timnya membuat program yang berisi informasi detail tentang vaksin dengan tujuan mengedukasi masyarakat Sumbar.

See also  Apakah Ada Aplikasi Tembus Pandang

Aplikasi Randai dibuat berdasarkan temuan penelitian tim dalam menanggapi krisis vaksinasi Covid-19 di Sumatera Barat. Rizqi mengatakan rendahnya angka vaksinasi mendorong timnya untuk mulai berinovasi dalam bentuk aplikasi yang membutuhkan edukasi berbasis budaya lokal.

“Hasil penelitian kami di daerah ini menunjukkan bahwa vaksinasi masih menjadi masalah serius di Sumbar. Selain itu, beberapa survei sebelumnya menunjukkan bahwa Sumbar termasuk dalam wilayah dengan tingkat penerimaan Covid-19 yang sangat rendah di Indonesia,” Rizqi dikatakan.

“Namun masyarakat Sumbar adalah masyarakat yang kaya akan budaya dan religi. Ini yang membuat kami ingin berpromosi

Aplikasi Pendidikan Untuk Guru Yang Menunjang Proses Pembelajaran

Digital ramah masyarakat dengan mengadaptasi simbol dan bentuk yang cenderung ditemui orang. Akhirnya muncul ide untuk membuat aplikasi bernama Randai,” imbuhnya.

Randai atau “Rang Awak Pandai” berarti “rakyat kita cerdas”. Menurut sejarahnya, nama Randai merupakan tarian tradisional Sumatera Barat yang pernah digunakan sebagai sarana penyampaian berita kepada masyarakat. Randai akan menjadi program edukasi dan layanan vaksin pertama bagi masyarakat berbahasa Minang atau Indonesia di Sumatera Barat. Aplikasi Randai dilengkapi dengan berbagai fitur termasuk fitur penasehat

Selain itu, fitur cek lokasi merupakan fitur yang bagus untuk menemukan lokasi vaksinasi berdasarkan jarak sehingga memudahkan pengguna untuk mencapai lokasi vaksinasi terdekat dari rumah. Fitur ini akan terintegrasi dengan Google Maps dan website Care Protected untuk pendaftaran vaksin bekerjasama dengan Pemprov Sumbar.

Menurut Rizqi, dengan aplikasi ini dirinya berharap dapat membuat masyarakat lebih aware terhadap vaksin dan Covid-19. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur prank yang akan membantu orang ketika ingin mengetahui kebenaran informasi yang diterimanya. Selain edukasi, program ini mendukung penuh program vaksinasi nasional pemerintah dalam upaya pengendalian pandemi Covid-19. Namun demikian, pengembangan program ini masih memerlukan banyak masukan dari berbagai aspek masyarakat dalam upaya penyempurnaan pekerjaan yang telah dilakukan.

Aplikasi Android Untuk Edukasi Anak

“Pengembangan aplikasi ini merupakan hasil karya tim kami untuk masyarakat Sumbar. Semoga semua pihak dapat berkontribusi dalam pengembangannya, tidak hanya kami, tetapi berbagai aspek masyarakat lainnya,” tutupnya. (Tim PKM UPI Nemandi/ Renanda Dwina Putri – Kontributor UPI) Presentasi berikut adalah topik yang akan saya sampaikan pada webinar “Inspiring Indonesian Language Learning in the New Normal Times” yang diselenggarakan oleh Program Magister Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Medan Negara pada hari Sabtu, 14 November 2020.

See also  Apa Maksud Kuota Aplikasi

Lembar Kegiatan 4 Aplikasi 4 Keterampilan Berbahasa Presentasi ini berisi empat aplikasi yang dapat digunakan guru bahasa untuk meningkatkan empat keterampilan berbahasa sekaligus keterampilan abad 21 (kolaborasi, komunikasi, kreativitas, dan berpikir kritis). Kahoot!

Kahoot! dapat digunakan untuk melatih keterampilan mendengarkan siswa menggunakan materi audio yang diambil dari video YouTube. Dengan cara ini, guru dapat dengan mudah mengajukan soal latihan mendengarkan, bahkan dengan perangkat mereka.

Keterampilan berbicara siswa Flipgrid dapat ditingkatkan menggunakan aplikasi Flipgrid, yang merupakan aplikasi pendidikan yang mirip dengan Tik Tok yang menyertakan rekaman video siswa (tanggapan lisan, tanggapan, argumen, hasil diskusi, dll.). Hipotesis Selain itu, program Hypothes.is membantu mahasiswa membaca konten digital secara kritis, khususnya konten media online. Program ini juga membantu siswa membangun literasi informasi dan media secara bersamaan. Canva Terakhir, program Canva dapat digunakan untuk memudahkan siswa menulis dan memproduksi buletin, poster, iklan, brosur, infografis, brosur, laporan, majalah, e-book, dll. Materi didaktik

Kipin School 4.0

Kami menggunakan cookie untuk memahami bagaimana Anda menggunakan situs kami dan meningkatkan pengalaman Anda. Ini termasuk konten dan iklan yang dipersonalisasi… Baca kebijakan privasi kami Tidak hanya untuk bermain game, mengakses jejaring sosial, atau berfoto selfie. Smartphone juga dapat digunakan untuk menunjang proses belajar mengajar di sekolah, tentunya jika digunakan dengan bijak.

Saat ini sudah banyak sekali aplikasi pendidikan di Android yang bisa Anda gunakan untuk mendukung aktivitas Anda sebagai pelajar/pelajar teladan. Dari mulai meningkatkan kemampuan bahasa asing hingga membuat belajar menjadi lebih menyenangkan.

Tentunya belajar melalui smartphone sangat efektif. Pasalnya, benda ini tidak pernah lepas dari kita. Berikut 7 aplikasi pendidikan terbaik di Android yang bisa bikin kamu makin pinter.

Apakah sekolah Anda memiliki kelas bahasa Mandarin? Pusing setengah mati? Jangan khawatir, Anda bisa memanfaatkan program Learn Chinese – ChineseSkill.

Okezone Edukasi :: Berita Edukasi Seputar Pendidikan Di Indonesia

Program

keperluan

ChineseSkill – Belajar pelajaran bahasa Cina

Setelah instalasi buka aplikasi dan Anda akan menemukan 3 bagian utama yaitu Pelajari, Lihat dan

Aplikasi edukasi online, aplikasi edukasi terbaik, contoh aplikasi edukasi, aplikasi edukasi, aplikasi edukasi adalah, apa itu kuota edukasi axis, aplikasi edit video edukasi, cara membuat aplikasi edukasi, aplikasi game edukasi, edukasi itu apa, aplikasi membuat video edukasi, apa itu kuota edukasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *