Cara Melihat Spesifikasi Motherboard

79 View

Cara Melihat Spesifikasi Motherboard – Saat Anda ingin memperbarui driver, periksa perangkat yang kompatibel atau hanya ingin tahu. Salah satu cara yang biasa digunakan oleh pengguna PC untuk mengetahui model motherboard komputer adalah dengan membuka CPU. Tetapi bagaimana jika Anda masih tidak dapat menemukannya? Atau malas membuka casing komputer untuk melihat label serial motherboard di dalamnya?

Tenang, masih ada cara lain yang bisa Anda gunakan dengan model motherboard yang Anda gunakan tanpa harus membuka CPU.

Cara Melihat Spesifikasi Motherboard

Ada banyak situasi yang mengharuskan Anda mengetahui model motherboard, misalnya mengupgrade driver, membeli perangkat keras baru (misalnya membeli RAM) dan memeriksa kompatibilitas perangkat keras yang ingin dibeli.

Cara Mengetahui Model Motherboard, Tak Perlu Bongkar Pc!

Jika Anda tidak memeriksa kompatibilitas perangkat keras motherboard, Anda akan menyesalinya dan menghabiskan uang Anda. Misalnya saat ingin mengupgrade RAM untuk motherboard Intel DG41WV. Membeli dua ram 4GB dan menemukan bahwa mobo Intel DG41WV dengan satu slot DIMM hanya mendukung hingga 2GB per slot. (ya, Rs 1 lakh tidak dapat digunakan … di sini sangat menyakitkan)

Jika Anda terbiasa menggunakan baris perintah, Anda akan lebih mudah memeriksa motherboard dan perangkat keras menggunakan baris perintah Windows Management Instrumentation (WMIC). Dengan alat WMIC, Anda dapat masuk ke motherboard untuk memeriksa status motherboard, seperti perusahaan, model, nama, nomor komponen, tata letak slot, nomor seri, dll.

Menurut informasi di atas, pabrikan mobo Intel, model DG41WV, dan alat WMIC juga menampilkan informasi nomor seri. Semua informasi yang Anda butuhkan ada di WMIC, tetapi jika Anda menyukai tampilan GUI, Anda dapat menggunakan program bantuan.

Speccy adalah aplikasi yang dapat memeriksa model motherboard dengan layar GUI (metode yang digunakan sama dengan alat WMIC), Anda dapat mengunduh aplikasi ini, gratis dan mudah digunakan.

Cara Mengecek Vga Laptop Atau Pc Yang Di Gunakan Tanpa Melihat Hardware

Tidak hanya informasi tentang model motherboard, tetapi juga informasi tentang sistem operasi, CPU, RAM, grafik, dan lainnya. Anda bisa melihatnya dengan jelas dari sisi kiri panel pada gambar di atas.

Dengan cara ini Anda dapat menemukan model motherboard tanpa membuka CPU. Penting untuk mengetahui model perangkat keras yang Anda gunakan saat memperbarui driver, jika salah, tidak jarang Windows Anda mengalami masalah (misalnya terjadi BSOD). Bahkan dalam kasus ekstrim, tidak jarang Anda perlu menginstal ulang. (Baca: Cara Mengatasi Blue Screen dan Penyebab Blue Screen di Windows) Pasti sobat yang ingin mengupgrade komputernya akan mengalami kendala jika tidak mengetahui model motherboard yang akan digunakan. Di bawah ini adalah pengenalan model motherboard agar semua orang tahu dengan jelas mana yang harus diupgrade saat mengupgrade komputernya.

Banyak motherboard diidentifikasi oleh model produk. Misalnya, motherboard G41 awal umumnya dengan jelas menunjukkan pembuatan dan model motherboard.

See also  Cara Melihat Spek Windows 10

Selain itu, Anda juga bisa merujuk ke manual motherboard, Anda bisa mengetahui model motherboard secara lengkap. Sebenarnya, ada cara yang lebih mudah. Perhatikan swa-uji komputer setiap kali dihidupkan. Umumnya, layar dengan karakter berwarna putih dengan latar belakang hitam akan muncul di layar pertama pengujian mandiri.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Halaman pertama menunjukkan informasi kartu grafis dan baris pertama adalah model chip kartu grafis. Baris kedua dari halaman kedua adalah informasi BIOS motherboard, yang bertuliskan “…Value BIOS”. ..” atau “…AMI BIOS…”. Baris ketiga dari halaman kedua adalah model dan versi motherboard. Untuk tampilan yang jelas, Anda dapat menekan tombol Pause/Break untuk menjeda layar dan menekan tombol Enter untuk melanjutkan.

Disarankan untuk menggunakan perangkat lunak untuk memeriksa model motherboard. Informasi tentang motherboard yang diperiksa dengan metode ini seringkali sangat jelas. Tidak perlu mencari manual atau jam tangan dan ikuti petunjuk di atas dengan seksama.

Di sini kami menyarankan Anda menggunakan CPU-Z untuk memeriksa model motherboard. Cara pemakaiannya sangat sederhana. Anda hanya perlu mengunduh CPU-Z, lalu menginstal dan menjalankannya. Anda dapat melihat nama dan model dari setiap perangkat keras yang terdeteksi oleh CPU-Z, termasuk model motherboardnya.

Masukkan dxdia di kotak dialog Start → Run dan tekan OK untuk masuk ke DirectX Tool Diagnostics. Jika ada prompt input, cukup tekan tombol Enter untuk mengonfirmasi input. Setelah Anda mengakses halaman DirectX Diagnostic Tool. Kita dapat melihat model motherboard di informasi sistem dan informasi versi BIOS motherboard terkait dengan motherboard. Seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Cara Memeriksa Spesifikasi Komputer Anda (cpu, Ram, Gpu, Motherboard)

Nomor motherboard MSI terutama dibagi menjadi “nama model” dan “nama produk”. “Nama digital” yang digunakan pada tahap awal adalah menggunakan “MS-” + “XIX” + “PCBXX” untuk menunjukkan model motherboard. Seperti “MS-6309 2.0” dan “MS-6199 1.0”.

Dalam metode penamaan ini, angka-angka tersebut dinamai oleh unit penelitian dan pengembangan pabrikan dan tidak memiliki arti lain. Nomor versi PCB juga tidak beraturan dan fitur penomorannya tidak jelas. Sulit bagi pengguna biasa untuk mengetahui fitur model motherboard.

Untuk memudahkan pengguna mengingat dan memahami model produk, MSI mengadopsi metode penamaan “Model Name”. Metode identifikasinya adalah “Nama Chip” + “Jenis Arsitektur (M/D)” + “Lokasi Motherboard (Pro/Turbo/Master)” + “Fungsi Tambahan (S/L/A/I/R)” Express. Akhiran “D” dari chipset berarti motherboard mendukung dual CPU dan “M” adalah singkatan dari arsitektur motherboard Micro ATX.

“Pro” mengacu pada produk motherboard generik. “Turbo” mengacu pada motherboard yang ditingkatkan. “Master” mengacu pada motherboard kelas atas. seperti motherboard yang digunakan di server jaringan atau workstation grafis.

Merakit Pc Optimal Untuk Photoshop Dan Desain Grafis

Misalnya: nomor motherboardnya adalah K7T Turbo-R. Hal ini terlihat dari nomor motherboard yang menggunakan chipset VIA KT133A dan mendukung fungsionalitas RAID.

See also  Cara Mengecek Ram Hp Samsung Galaxy A10

Selain itu, MSI juga memiliki konvensi penamaan khusus untuk produk dengan spesifikasi tertentu. Seperti seri produk “6309” asli, “6309NL” berarti tanpa lampu D-LED. “6309NL100” menunjukkan bahwa motherboard mendukung spesifikasi ATA 100 dengan menambahkan akhiran “100”. Juga hindari menggunakan akhiran “A” yang dikacaukan dengan 6309A dengan kartu keras.

Nomor motherboard GIGABYTE dimulai dengan “GA-” diikuti dengan angka dan huruf bahasa Inggris untuk mengidentifikasi spesifikasi spesifik dari motherboard. Nomor serinya adalah “GA-” + “Jenis CPU yang Didukung” + “Model Chip yang Digunakan oleh Motherboard” + “Menggunakan Jenis Papan” + “Suffix”.

Motherboard GIGABYTE dapat mengidentifikasi jenis prosesor yang didukung oleh motherboard dengan angka. Sekarang ada empat jenis: 5, 6, 7 dan 8. Misalnya, prosesor yang mendukung seri Intel dimulai dengan “6” (Pentium 4 mendukung “8”). Sedangkan motherboard yang mendukung prosesor seri AMD dimulai dengan angka “7”.

Motherboard Gigabyte A320m S2h 2.0 (am4, Ddr4, Usb 3.1)

Huruf bahasa Inggris ketiga menunjukkan versi motherboard. X adalah singkatan dari ATX, versi (standar). M adalah singkatan dari Micro ATX (versi kecil). F mengacu pada versi Flex ATX (saat ini merupakan versi terkecil). A menunjukkan penggunaan versi Baby AT.

Akhiran angka terakhir digunakan untuk mengidentifikasi jenis motherboard tertentu. Ekstensi nomor motherboard Gigabyte biasanya menggunakan 1 sampai 4 huruf atau angka. Dan mereka dapat digunakan dalam kombinasi satu sama lain.

Motherboard GA-60XM7 Seperti diketahui dari serial numbernya, motherboard ini mendukung prosesor seri Intel, menggunakan chipset Intel i815 dan arsitektur ATX. Meskipun GA-6WMM7 mendukung prosesor seri Intel, ini adalah motherboard dengan arsitektur chip Intel i810 sebagai Micro ATX.

Nama-nama model motherboard Asus dibagi menjadi empat bagian. Bagian pertama menunjukkan jenis prosesor yang didukung. Yang terakhir adalah pembuat chip yang digunakan oleh motherboard. Bagian ketiga adalah jenis chipset dan bagian keempat adalah ekstensi yang digunakan untuk mengidentifikasi jenis motherboard. Tiga bagian pertama dari nama model adalah bagian utama dari nama model motherboard.

Ini Cara Membandingkan Cpu/prosesor Komputer Yang Benar!

Di bagian pertama model motherboard, ada nama Asus. “CU” adalah singkatan dari Intel Socket 370-enabled processor dan “A7” adalah singkatan dari AMD Socket A-enabled processor. Bagian kedua dari nama menunjukkan produsen chip yang digunakan. Seperti “V” untuk chipset VIA, “S” untuk chipset SIS dan “A” untuk chipset ALI.

Namun ada pengecualian yaitu menggunakan kode chipset sebagai bagian kedua, misalnya “SL2” berarti kode chipsetnya adalah Solano2 (i815E). Pada bagian ketiga, “4X” berarti menggunakan chipset 694X. Dan untuk motherboard dengan solusi prosesor Atholon/Duron. Bagian keempat menggunakan bahasa Inggris atau angka, seperti “Pro”, yang berarti motherboard menggunakan chipset KT133.

See also  Cara Melihat Ram Hp Xiaomi 4c

Bagian terakhir adalah akhiran nama, yang digunakan untuk mengidentifikasi beberapa fitur motherboard yang berbeda. Artinya mirip dengan ekstensi motherboard GIGABYTE. Di mana di bawah

Misalnya, motherboard CUSL2. Terlihat dari serial number bahwa motherboard tersebut mendukung prosesor Intel Socket 370 dan menggunakan chipset Intel i815E.

Melek It: Cara Mengetahui Merk Dan Model Motherboard Anda

CUV4X-DLS adalah motherboard plug-in hybrid yang mendukung dua prosesor Intel Socket 370. Ini mengadopsi chipset VIA 694, mengintegrasikan kartu jaringan dan memiliki antarmuka SCSI.

Dengan demikian, dari segi angka, motherboard ini cocok digunakan di workstation grafis dasar dan server kecil. Jika Anda melihat nomor motherboard A7Pro. Ini berarti motherboard menggunakan chipset VIA KT133 dan mendukung prosesor Thunderbird/Dragon.

Kami dapat memperkirakan terlebih dahulu bahwa motherboard tersebut mendukung CPU seri INTEL atau AMD melalui “Nama Chip Motherboard”. di mana “nama chip motherboard” berasal dari inisial kode R&D Lenovo. Jika diulang, pilih digit terakhir dari kode R&D. Surat sebagai kode identifikasi tambahan.

Misalnya, chipset Intel i815 dalam kode pengembangan motherboard Lenovo adalah “Synacti X”. Jika hanya huruf “X” yang diterima. “Nama Chip Motherboard” dari motherboard chipset Intel i815 diatur ke “SX”. Lenovo menetapkan kode R&D chip VIA sebagai “Advance” dan motherboard “Nama Chip Motherboard” sebagai “A”.

Cara Pasang Board Lcd Universal

Dengan bertambahnya chip, jumlah motherboard juga bertambah. Jadi, selain nama chip motherboard, mereka juga punya nomornya. Umumnya nomor diberi nomor sesuai dengan urutan pelepasan motherboard setelah “nama chip motherboard”. Untuk membedakannya, beberapa model motherboard menambahkan huruf bahasa Inggris setelah angka.

Misalnya, “angka” motherboard chipset Intel i815E adalah “2E”. “Nomor” chipset i815EP adalah “2EP” dan “Nomor” motherboard chipset VIA adalah “10”. Ekstensi ini semakin membedakan kinerja motherboard.

Misalnya dari motherboard nomor SX2EP-AL. Kita dapat melihat bahwa motherboard menggunakan chipset Intel i815EP, yang mengintegrasikan chip kartu suara dan kartu jaringan ke dalam motherboard.

Nomor elit motherboard sesuai dengan model chip. Nomor seri awal motherboard Elite terdiri dari “Tipe Prosesor yang Didukung” + “Singkatan Chipset” + “Tipe Antarmuka Prosesor” + “Akhiran”.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Windows Dan Mac

Dengan munculnya chip baru yang konstan, nama elite, nomor motherboard, dan beberapa karakter di bagian akhir juga ditetapkan.

Cara melihat motherboard, cara melihat tipe motherboard, spesifikasi motherboard, cara memasang motherboard, cara melihat seri motherboard, cara mengetahui motherboard rusak, cara melihat jenis motherboard, cara melihat merk motherboard, cara mengecek motherboard, motherboard intel h61 spesifikasi, cara mengetahui spesifikasi motherboard, cara kerja motherboard

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *